Awalan Masuk PLB

Kurang lebih udah mau dua tahun gw jadi mahasiswi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Jakarta. Pertanyaan yang sering muncul pada mahasiswa/i Pendidikan Luar Biasa UNJ di semester awal dan kalau buat gw sampai saat ini.
“Mengapa kamu masuk ke jurusan Pendidikan Luar Biasa?”
Beragam lho jawabannya..
Mulai dari yang jawabannya mengenaskan sampai yang mengagumkan. Tapi mana yang lebih banyak ya??
Jujur ya, gw sih belum pernah buat penelitian yang kayak gini, mungkin bakalan lebih tepat lagi hasilnya. Jadi gw belum bisa buat kesimpulan bagaimana para mahasiswa/i dapat memilih jurusan PLB UNJ. Gw cuma mau ngejabarin beberapa jawaban yang pernah gw dengar aja ya..
PLB UNJ 2010
1.      “Gw terpaksa masuk PLB, yang penting gw kuliah di UNJ”
Waw bangga sekali anda bisa berkuliah di UNJ? #ya iyalah secara UNJ kan satu-satunya kampus negeri di Jakarta…hhhaa
2.    “Tadinya PLB tuh pilihan gw yang kedua (atau malah yang ketiga)”
Wew,,PLB Cuma cadangan dong… jadi agak-agak gak dianggep gitu… hikz..hikzz…
3.    “Gw masuk PLB soalnya orangtua gw yang nyuruh, jadi aku terpaksa masuk PLB karena musti nurut sama pilihan orangtua”
Yah ini mah sama aja berarti dasarnya paksaan, mana jiwa dewasamu??
4.    “Gw mau masuk PLB karena mau aja”
??? agak gak jelas,,,yauidn lah..
5.    “Gw masuk PLB soalnya saudara gw ada yang punya SLB dan dia bisa kuliahin di PLB dengan mudah”
Tanpa gw harus urus ini urus itu…
Uupss…..
Wew,,budaya nepotisme… indonesiasentris banget..hhhhaaa
6.    “Gw masuk PLB karena peluang kerjanya masih terbuka lebar, lagipula gajinya gede lho kalau kerja di bidang PLB”
Kalau kata nenek Atiek, dasar anak kecil tahu aja kalau tentang uang.. hhhaa #hari gini gak matre gak hidup oma,,,
7.    “Gw mau masuk PLB karena saudara gw ada yang ABK, jadi gw termotivasi buat bantu ABK lain di luar sana”
Proookkk,,prrrooookkkk,,ppprrooookkkk,,asik dah sosialis banget..
8.    “Gw masuk PLB karena termotivasi oleh buku CBSA”
PLB UNJ 2010
Karena buku, motivasi bisa muncul lho,,termasuk buku ini,,hhhee
9.    “Gw masuk  PLB karena gw baca buku tentang berbagai jurusan di dunia perkuliahan, dan gw tertarik aja sama PLB”
Sekali lagi, buku menjadi motivasinya, walaupun yang ini rada gak jelas..
10. “Gw masuk PLB karena kayaknya jurusan ini lucu aja, rada aneh, gw pingin nyoba aja”
Kalau di iklan, “buat anak kok coba-coba”…hhhhee

Mungkin akan lebih banya jawaban yang lainnya, kalau mau buat aja penelitian kecil tentang ini,,hhhee
Gw sendiri yang mana ya jawaban dari pertanyaan di atas?
Bahkan gw sendiri masih rada bingung buat ngejawabnya.
Kayaknya semua emang rencana dan takdir Allah. Bayangin aja, kurang lebih jawaban gw yang nomor 9 gw mau masuk ke jurusan PLB. Mungkin juga karena gw gak ditakdirin buat tembus snmptn oleh Allah, dan gw ditakdirin buat pertama kalinya pilih jurusan PLB dan itu adalah pilihan di urutan pertama penmabaku. Dan akhirnya sekarang gw benar-benar udah jadi calon guru PLB ”yang sesungguhnya”.. hhhee
with PLB
Buat aku, kamu, dan kita semua yang sudah menjadi mahasiswa-mahasiswi jurusan Pendidikan Luar Biasa. Bagaimanapun pengawalan masuk ke jurusan ini. Bagaimanapun niatan serta motivasi masuk ke jurusan ini. Mari luruskan niat, bulatkan tekad, dan wujudkan semuanya dengan semangat perjuangan.

With My Little Angel
Bukan hal mudah untuk dapat menjadi mahasiswa/i PLB, memulainya saja sudah merupakan perjuangan. Jangan menyia-nyiakan perjuangan di awal, perjuangan untuk hidup kita, terlebih lagi untuk hidup mereka pada ABK sang
malaikat yang InsyaAllah akan membawa tiket surga.. Lanjutkan semua perjuangan ini karena perjuangan hanya akan berakhir bersamaan dengan berakhirnya kuota nafas manusia.    

56 komentar:

Rohmah mengatakan...

itu gue yang nomor 8.. ahahaha

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

hhhaa,,iya,,iya,,,

Radisic Welt mengatakan...

hahaha ko ga ada jawaban gue yaa???

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

hhhaaa....terus jawaban yang cocok buat lo yang kayak gimana dang...

giskashawty_143 mengatakan...

ane calon pengikut lo kaakk!! insyaallah mahasiswa PLB *amin* :3 Kalo menurut ane, jurusan PLB itu punya daya tarik tersendiri .. bisa bantu mereka yg berkebutuhan khusus itu sebuah tindakan yang mulia.. :')

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

niat baik aja udah dicatet sama Allah..
salam kenal,, giskashawty_143.. mau masuk PLB di mana??

Pelangi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

gw pengen masuk PLB karna gw pngen ngabdi buat anak-anak ABK, Insyaalloh :)

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

InsyaAllah... aamiin... semoga ilmunya nanti bisa berguna bagi dunia ABK..
mbak Devika sudah masuk PLB mana? semoga tetap istiqomah...aamiin...

Unknown mengatakan...

ka, ceritaain masuk PLB dong ? ka, apa aja persiapan masuk jurusan PLB. ayo kaaa, minat banget ke PLB. ceriatin lewat email boleh dong kaa

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

Senang rasanya..makin banyak yg minat masuk PLB..:D

Unknown mengatakan...

Kak share lebih banyak lg dong tentang PLB UNJ :')

Unknown mengatakan...

assalamu'alaykum, ika. sy ibu rahma, anak saya trmasuk ABK. namanya rufaidah, dganti aisyah. skrg sdh usia 5 thn. aisy bs brjalan d usia 3 th 3 bln. jalan masih jinjit. mental spt anak usia 1,5 s.d 2 tahun. diagnosa dokter cerebral palsy ringan. hasil ct scan ada atrophy cerebri (penyusutan otak). saat ini blm bisa bicara baru mulai babbling dan mengulang2 ucapan asing seperti baha baha..soma soma..
sy mmbutuhkan shadow teacher untuk anak saya. mudah2an dek ika bisa membantu. makasih.

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

Ibu Rahma Shofia domisili di mana?
Aisyah sudah sekolah di mana bu? Nanti coba saya infokan ke teman saya..

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

Motivasi lg nih buat nulis...

Mbak Rima Rachma sudah jd mahasiswi PLB UNJ kah? :)

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum . Ka ceritanya sangat memotivasi bgt. Boleh cerita lewat email ka? Saya pengen bulatin tekad saya tahun ini masuk ke prodi plb kak :'). Kalau boleh lewat email saja ka Isnaeni.muthmainah@yahoo.com :') ditunggu ya ka.

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

walaikum salam.. alhamdulillah jika tulisan saya dapat memotivasi orang lain,, :)
saya senang masih banyak yang berminat masuk PLB.. luruskan niat, jika memang 'terpanggil' sambutlah 'panggilan' itu,, :)

Unknown mengatakan...

Setelah membaca cerita kakak, saya makin termotivasi untuk masuk PLB. Tahun ini saya mendaftar SNMPTN dgn jurusan PLB UNJ. Saya sangat berharap bisa masuk jurusan ini. Tolong share info lebih banyak lagi mengenai PLB. Terimakasih kak:)))

Unknown mengatakan...

belum kak.. taun ini saya ikut smptn dan saya minat plb unj, maka dari itu saya minta info lebih dalam ya seputar plb unj.. :)

Unknown mengatakan...

Kak saya pgn masuk plb UNS. Tapi saya bingung peluang kerjanya kak.

Unknown mengatakan...

Assallamuallaikum kak IKA UNI PRATIWI.. Saya boleh minta nomer hape atau pin bb kak ika? Saya ingin sekali kenal dekat dan berbagi pengalaman tentang PLB dengan kak ika.. Dana saya jg ingin belajar bnyak tentang PLB dg kak ikaa.. Mohon d balas ya kak.. Trimkasih

Unknown mengatakan...

Terimakasih banget kak buat tulisannya sangat membantu saya sedang membulatkan tekad untuk ambil jurusan plb:') saya benar" tersentuh jika melihat senyuman para malaikat yang hebat ini subhanallah...
Jika diijinkan bolehkah sya meminta pengalaman kakak tentang plb.. :") terimakasih

Unknown mengatakan...

Terimakasih banget kak buat tulisannya sangat membantu saya sedang membulatkan tekad untuk ambil jurusan plb:') saya benar" tersentuh jika melihat senyuman para malaikat yang hebat ini subhanallah...
Jika diijinkan bolehkah sya meminta pengalaman kakak tentang plb.. :") terimakasih

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

udah lama nggak mampir ke blog ini..
selamat untuk kawan-kawan yang telah berhasil masuk ke perguruan tinggi jurusan PLB.. :)
selamat belajar,, saya juga masih belajar .. :)
kita bisa saling share di sini atau di tempat lainnya,, semoga bermanfaat..

Unknown mengatakan...

ka mau nanya kalo kuota masuknya berapa orang yg SNMPTN

Unknown mengatakan...

Kak aku sangat berminat masuk PLB;-)

Unknown mengatakan...

Kak aku sangat berminat masuk PLB;-)

Unknown mengatakan...

pengen kuliah jurusan ini tpi gimana caranya?

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

Kasih semangat ah.. buat yg berminat masuk PLB..

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

Caranya.. daftar kuliah di Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan PLB.. *dan ikuti prosedur dan persyaratannya.. :D

Unknown mengatakan...

kalau univ swasta jurusan PLB ada gak sih kak?

Unknown mengatakan...


I will follow your tracks next year sistahhhh doain yaa ;) sekarang baru naik kelas 12 :')

koestya risa mengatakan...

bisa tanya" gk ka?. Sekarang sih aku baru Madrasah Aliyah, Tapi insyaallah udah minat banget jadi guru buat anak" yang berkebutuhan khusus.

koestya risa mengatakan...

bisa tanya" gk ka?. Sekarang sih aku baru Madrasah Aliyah, Tapi insyaallah udah minat banget jadi guru buat anak" yang berkebutuhan khusus.

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

Boleh..silahkan Mau tanya apa.. :)

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

Aamiin..Aamiin..Aamiin..

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

Setahu saya Untuk univ. Swasta ndak ada...

nisa mengatakan...

Mau tanya dong, kalau lulusan 2013 masih bisa masuk UNJ nggak? Saya udah ada pengalaman kerja di Rumah Autis Bekasi

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Kak
Saya lulusan tahun 2014 namun sekarang Saya sedang bekerja sebagai Guru Inklusi dan Saya berencana melanjutkan Sekolah 1,5 tahun lagi...
Kira-kira UNJ ada batasan kelulusan ga y....
Terima Kasih
Email: gunturyudhisaputra95@gmail.com

Syahrul ahmad mengatakan...

kak, selain setelah lulus menjadi guru slb, ada nggk peluang kerja untuk menjadi guru lain? misalnya guru TK gt?

Firda hanandy mengatakan...

Pendaftar awal apa saja kak

silvita sempan mengatakan...

Subhanallah. Jadi guru slb penuh dengan kesabaran ya kak. Tapi aku mau masuk jurusan PLB, insya allah nya. Mau jadi kakak yang dapat membuat ABK, seperti anak normal lainnya. Aku suka banget dengan blok kakak.

silvita sempan mengatakan...

Subhanallah. Jadi guru slb penuh dengan kesabaran ya kak. Tapi aku mau masuk jurusan PLB, insya allah nya. Mau jadi kakak yang dapat membuat ABK, seperti anak normal lainnya. Aku suka banget dengan blok kakak.

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

alhamdulillah jika blog ini dapat bermanfaat.. untuk kakak-kakak yang berniat masuk PLB, semoga dipermudah jalannya aamiin..

ridha mengatakan...

kak aku gak sengaja baca tentang plb 3 bulan terkhir ini dan aku pengen bgt masuk plb unj pengeeen bgt semua to sbm yg aku ikutin pasti plb unj yg pertama 😁😁.. nah kak aku pengen bgt nanya2 soal plb unj, boleh g kak aku minta email kaka atau email ke ridha24.aulia@gmail.com aja kak makasih bgt kak... mohooon bgt

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum kak. Saya berminat dengan PLB UNJ, apakah nanti ada penjurusannya?
Terima kasih kak, aku suka blognya :)

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

Wah..nggak sengaja baca ya... *mungkin itu petunjuk, supaya kakkak Ridha masuk PLB.. :)

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

Walaikumsalam.. setahu saya, akan ada 'pendalaman' ttg kebutuhan khusus ttt.. seperti penjurusanlah dlm mempelajari dan mendalami kebutuhan khusus Yang diminati

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum. Mbk aku bingung. Aku pengen masuk jrusan PLB buat nnti pngisian snmptn. Tp dsisi lain aku juga suka bio. Bercabang nih kak. Gimana mbk Ika. Mohon sarannya

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum. Mbk aku bingung. Aku pengen masuk jrusan PLB buat nnti pngisian snmptn. Tp dsisi lain aku juga suka bio. Bercabang nih kak. Gimana mbk Ika. Mohon sarannya

Unknown mengatakan...

Saya punya tekat yg besar mau jd guru PLB karna dr mereka saya merasa lebih berharga menjalani hidup 😊

Unknown mengatakan...

assalamuallaikum mba ika...mau tanya klo di UNJ itu ada kelas non reguler untuk PLB ga ? mksdy seperi kls karyawan gitu jd bs sambil kerja...trm ksh

Ika Uni Pratiwi mengatakan...

walaikumsalam...
buat yang punya niatan masuk PLB.. kuatkan tekadnya.. nggak nyesel lah masuk PLB... :)

oiya,, sepengetahuan saya, di PLB UNJ sudah ndak ada sistem reguler atau non reguler.. jadi nggak ada kelas karyawan.. semua disamakan.. nah tinggal pinter-pinter atur jadwal aja biar bisa tetap kerja..hhhiiii

Unknown mengatakan...

dari dulu saya mau banget jadi Guru SLB, tapi saya masih bingung gimana caranya, saat saya mau daftar kuliah itu saya di kasih pilihan SBMPTN, SMNPTN, MANDIRI, itu saya harus ambil yang mana ya? sedangkan yang SBMPTN itu harus 3 tahun setelah kelulusan, sedangkan saya udah lulus SMA 6 tahunan yang lalu, boleh sarannya? atau mungkin ada sekolah suasta yang ada PLBnya? makasih..

Khoirun_nisa mengatakan...

Assalamualaikum ka, aku suka sama tulisannya, memberi motivasi buat aku kak, tahun ini aku mau masuk ke jurusan PLB, sebenernya sih orang tua yang nyuruh aku masuk jurusan itu, tapi setelah difikir2 lagi kayaknya aku juga suka dengan jurusan PLB, kita bisa membantu anak yang berkebutuhan khusus untuk mempunyai pendidikan yang sama dengan lainnya,tugas mulia juga mengajari anak berkebutuhan khusus, aku pengen tanya2 lebih lanjut tentang jurusan PLB boleh yaa ka, kalo boleh aku minta email kakak, atau kakak bisa hubungi aku di indinisa12@gmail.com
Mohon bantuannya kak 🙏

Posting Komentar

Powered By Blogger